MOHON MATIKAN ADBLOCK ANDA, KARENA BIAYA MAINTENANCE SERTA UPDATE ARTIKEL BERGANTUNG PADA IKLAN YANG MUNCUL PADA BLOG INI | DAN JANGAN LUPA UNTUK FOLLOW SEMUA SOSIAL MEDIA BANGTAX ATAU SILAHKAN PERGI KE KOLOM BERLANGGANAN/SUBSCRIBE DI BAGIAN BAWAH BLOG BANGTAX UNTUK MENDAPATKAN UPDATE ARTIKEL MENARIK LAINNYA.

Nge-Blog: Pilih Blogger atau WordPress?



Bangtax.net - Blogger dan WordPress adalah platform atau CMS (Content Management System) yang sangat populer saat ini, kegunaan utamanya yaitu untuk mengelola sebuah blog. Anda ingin memulai untuk ngeblog tapi masih bingung mau pakai penyedia blog yang mana, Blogger atau WordPress?

pilih blogger atau wordpress

Nah, ada baiknya jika kalian masih memiliki niat mau nge-blog, riset dulu cms apa yang cocok untuk kalian gunakan, apakah hanya untuk sekedar mencoba, hobi, atau bahkan buat berbisnis. Selain itu cukup kah duit yang ada di dompet kalian?

Baca Juga: 

Semua itu akan saya ulas di artikel ini, sesuai dengan pengalaman pribadi serta pengalaman dari beberapa sumber lainnya. Oke mari kita mulai saja, let's check it out.


1. TUJUAN MEMBUAT BLOG


pilih blogger atau wordpress

  • WordPress

Tentukan dulu tujuan kalian, apa membuat blog cuma untuk coba-coba saja atau emang serius ngeblog? Karena bagi sebagian orang membuat blog adalah untuk berbagi ilmu serta pengalaman yang pernah ia lakukan semasa hidupnya, ya mungkin juga ada sebagian orang yang memiliki tujuan untuk memasarkan produknya. Oke, jadi jika kalian ingin membuat blog semacam travel blog, food blog, atau story blog mungkin lebih disarankan menggunakan WordPress karena tampilannya yang cocok dan user interface yang mudah dipahami oleh pemula. Selain itu untuk blogger yang memang serius dan segera ingin mendapat penghasilan lebih bisa menggunakan wordPress untuk mulai memasarkan produk dan monetisasi blog kalian dengan google adsense atau penyedia iklan lainnya.


  • Blogger

Walaupun sebenarnya semua niche blog juga bisa diterapkan di Blogger kok bray dan pastinya kalian juga bebas mau menciptakan karya tulisan yang kamu mau, hanya saja blogger memang memiliki template/tampilan gaya blog yang terbatas dan harus memahami struktur template yang digunakan tersebut dan itu akan membuat pusing para pemula jika menggunakannya, karena blogger pemula yang awam soal kode/script pasti hanya akan fokus ke cara membuat postingan saja bukan untuk mengatur struktur template blog. Kelebihan dari blogger adalah kalian bisa langsung menampilkan iklan adsense di blog tanpa mengubah subdomain (.blogspot.com) menjadi domain tld (.com, .net, .id, dll) tanpa dipungut biaya apapun. Berbeda dengan wordpress yang harus menyewa hosting dan mengganti domain tld (.com, .net, .id, dll) agar dapat menampilkan iklan dari google adsense.



2. PILIH YANG PENGATURANNYA LEBIH PRAKTIS

Seperti yang sudah dijelaskan juga di atas, para blogger pemula yang masih awam tentang dunia blogging pasti akan lebih memilih penyedia blog yang cara penggunaannya sangat gampang, gak ribet, gratis, dan yang pasti praktis digunakan. Oke, jadi akan saya jelaskan disini:

pilih blogger atau wordpress

  • WordPress

Untuk kalian yang ingin ngeblog dengan cara yang gampang dan gak ribet bisa gunakan wordpress karena disana kalian akan bisa menambah dan mengatur fitur dengan mudah sekali dengan cara klik dan klik tanpa menginput berbagai kode/script yang bikin kepala pusing, tapi salah satu kekurangannya yaitu jika kalian ingin melakukan cara itu dengan leluasa, maka kalian disarankan untuk menggunakan wordpress self-hosted atau dengan kata lain kalian harus mengupgrade nya ke hostingan wordpress berbayar dan menggunakan Domain TLD (.com, .id, .net, dll) dan itu lumayan menyedot isi dompet kalian bray, ya tapi mau gimana lagi.


  • Blogger

Dan untuk kalian yang ingin menggunakan Blogger, saya rasa juga tidak ada salahnya mencoba, karena saat menggunakan blogger ini kalian memang harus tau sedikit kode/script html /& css, tapi tenang aja gak semua scriptnya yang harus kalian hafal kok hanya yang penting-penting nya saja seperti salah satu contohnya yaitu pengaturan meta tag / kata kunci blog yang biasanya berada di kode/script template blogger. Dan kalian tidak perlu ambil pusing karena ada ribuan tutorial untuk pengaturan script-script tersebut di google. Hanya kekurangannya yaitu template di blogger terbatas dan jika ingin template yang lain, kalian harus membeli template blogger secara premium di website penjual template blogger terpercaya, kalian juga bisa men-download template premium yang gratisan kok di google cuman kebanyakan di dalam template tersebut terdapat script yang di enkripsi jadi credit-nya bukan milik kamu tapi miliki orang lain.



3. SERIUS NGE-BLOG? SIAPKAN ISI DOMPET KALIAN

pilih blogger atau wordpress

  • Blogger

Coba membuat blog dengan gampang di blogger karena blogger sudah tersambung dengan akun google yang kalian miliki jadi pendaftarannya juga gak ribet-ribet amat dan gratis pula, hanya saja jika kalian menggunakan blogger maka blog kalian akan memiliki subdomain bukan domain utama (TLD), contoh namablog.blogspot.com dan jika kalian ingin mengubahnya menjadi namablog.com, kalian harus membeli domain tersebut di penyedia domain terpercaya biasanya biaya yang dikeluarkan berada diatas 100rb-an/tahun nya. Pilihan ada ditangan kalian apakah blogmu tetap menggunakan Subdomain atau Domain TLD.


  • WordPress

WordPress terbagi menjadi 2 yaitu wordpress.org dan wordpress.com. Untuk kalian yang masih mencoba-coba menulis blog bisa menggunakan wordpress.com karena daftarnya gratis dan pengoperasiannya yang tidak sulit, selain itu blog kalian juga memiliki subdomain sebagai berikut namablog.wordpress.com hanya saja ada yang mengganggu yaitu iklan dari wordpress akan muncul di postingan kamu, jangan senang dulu bray iklan itu bukan seperti google adsense dan hasil dari iklan tersebut bukan untuk kalian, melainkan untuk perusahaan wordpress itu sendiri. Nah, jalan satu-satunya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu kalian bisa upgrade blog tadi yang dari wordpress.com ke wordpress.org. Caranya kalian bisa konsultasi ke penyedia hosting terbaik di Indonesia diantaranya Rumahweb.com dan Niagahoster.co.id, dua penyedia hosting tersebut adalah rekomendasi dari saya sendiri karena pelayanannya yang ramah dan cepat tanggap dalam pemecahan masalah, dengan kalian upgrade blog kamu ke wordpress.org kalian akan mendapatkan akses web hosting untuk mengelola database / plugin yang ada di blog WordPress kamu, selain itu kalian juga bisa mendaftarkan Domain TLD untuk blog kamu menjadi namablog.com. Tapi ingat dengan menyewa hosting dan mengganti domain bukan berarti semua gratis, kalian akan dikenakan biaya tertentu untuk itu, dan biasanya harga sewa tersebut bisa mencapai 300rb-an lebih.


PILIHAN ADA DI TANGAN KALIAN

pilih blogger atau wordpress
image by bloggingwizard.com

Ingin Menggunakan  Blogger  atau  WordPress  ?

Ingin Coba-Coba atau Serius Nge-Blog ?



Sekian artikel saya tentang "Nge-Blog: Pilih Blogger atau WordPress?"semoga bisa berguna untuk kalian semua. Untuk mendapat update artikel menarik dari Bangtax, silahkan masukkan email kalian di kotak subscribe bagian paling bawah blog lalu tekan Subscribe atau juga bisa Follow Sosial Media Bangtax di Instagram, Facebook dan Twitter, Terima kasih.

Lihat Artikel Lainnya :