Kisah Lengkap Wolverine Dari X-Men Hingga Logan


Kisah Lengkap Wolverine Dari X-Men Hingga Logan

200 tahun penuh dengan penderitaan. Masa-masa Hugh Jackman berperan sebagai Wolverine akhirnya harus berakhir sampai disini. Banyak hal yang terjadi sejak dia mengisi casting Wolverine di film karya Bryan Singer, peluncuran franchise X-Men. Perannya mencakup 17 tahun waktu dunia nyata, 197 jam waktu dalam layar lebar, dan 2 timeline yang berbeda sebelum mencapai titik akhir di film Jackman yang terbaru, Logan. Jadi kalau kalian bingung soal cerita hidup Wolverine di film-filmnya, pantengin terus artikel ini sampai bawah.

(WARNING: Mengandung SPOILER untuk film Logan dan film-film X-Men yang lain.)

Tahun 1832

James Howlett lahir di negeri yang sekarang kita kenal dengan nama Kanada. (X-Men Origins: Wolverine, 2009)


  • Tahun 1845

Kisah Lengkap Wolverine Lengkap Dari X-Men Hingga Logan
source image: collider.com
Thomas Logan, si pengasuh keluarga Howlett membunuh “ayah”nya James/Wolverine. Wolverine baru mendapat kekuatan mutan nya yang berupa 3 cakar di kedua tangannya dan membunuh Thomas, dan ternyata Thomas Logan adalah ayah kandung Wolverine. Ibu Wolverine mengusirnya dan dia melarikan diri bersama saudaranya, Victor – atau yang biasa dikenal dengan Sabretooth. (X-Men Origins: Wolverine, 2009)


  • Tahun 1861-1865


Logan/Wolverine/James dan Victor/Sabretooth ikut berperang pada saat Perang Saudara Amerika. (X-Men Origins: Wolverine, 2009)


  • Tahun 1914-1944
Kisah Lengkap Wolverine Lengkap Dari X-Men Hingga Logan 2
 20th Century FOX
Mereka berdua juga membela negara dengan ikut berperang saat Perang Dunia I dan terlibat didalam D-Day Normandy Landings pada saat Perang Dunia II. (X-Men Origins: Wolverine, 2009)


  • Tahun 1945
Logan berpindah tempat (teleport?) ke Jepang dan sedang ditahan sebagai tawanan perang tepat saat pesawat bomber milik Amerika menjatuhkan bom atom di Nagasaki. Logan menyelamatkan nyawa seorang perwira Jepang bernama Ichiro Yashida. (The Wolverine, 2013)


  • Tahun 1962

Charles Xavier/Professor X dan Erik Lehnsherr/Magneto mengajak Logan untuk bergabung ke X-Men, namun Logan menolaknya mentah-mentah. (X-Men First Class, 2011)


  • Awal Tahun 1970-an
Wolverine dan Sabretooth berperang di Vietnam. Victor mengamuk, membunuh perwiranya sendiri, dan Logan melindunginya. Mereka berdua berakhir didepan regu penembak – hukuman mati – namun mereka selamat dari penembakan (berkat kekuatan regenerative mereka yang dapat menyembuhkan luka secepat mereka terluka), dan di rekrut ke unit operasi militer rahasia beranggotakan mutan-mutan yang dikomandani oleh William Stryker, Team X.

Logan mendapat masalah dengan mengabaikan anggota timnya dan berhenti saat misi sedang berlangsung di Lagos, Nigeria untuk mendapatkan meteorit yang mengandung sampel logam langka, Adamantium. (X-Men Origins: Wolverine, 2009)

(Catatan: Timing kejadian-kejadian di X-Men Origins: Wolverine memang ambigu. Dan mungkin kejadian-kejadian itu memang terjadi sebelum timeline nya terpecah menjadi 2 di X-Men: Days of Future Past. Kita bakal bahas itu sebentar lagi.)


  • Tahun 1973
Kisah Lengkap Wolverine Lengkap Dari X-Men Hingga Logan 3
 20th Century FOX
Logan di sewa sebagai bodyguard seorang gadis. Mystique memutuskan untuk membunuh Bolivar Trask, si industrialis, pencipta Sentinel sekaligus CEO Trask Industries dan pembenci mutan. (X-Men: Days of Future Past, 2014)


OKE!! MULAI DARI TITIK INI TIMELINE NYA SANGAT MEMBINGUNGKAN GAN.
Jadi simak baik-baik yah


ORIGINAL TIMELINE

Mystique membunuh Trask. DNA Mystique di panen dan digunakan untuk mengembangkan kemampuan shapeshifting (kekuatan mutan Mystique yang dapat mengubah bentuk tubuhnya sesuai keinginan) untuk robot-robot pemburu mutan, Sentinel. (X-Men: Days of Future Past, 2014)


  • Pertengahan/akhir 1970-an


6 tahun setelah Logan pensiun dari Team X, ia menafkahi hidupnya sebagai penebang pohon di Kanada. Saat pacarnya (kelihatan seperti) dibunuh oleh Sabretooth, dia setuju untuk mengikuti Program Weapon X besutan William Stryker di sebuah fasilitas rahasia di Danau Alkali untuk menaruh logam Adamantium di tulang-tulangnya untuk melawan Victor. Logan berakhir koma dan kehilangan ingatannya karena Stryker menembakkan peluru adamantium ke kepalanya. (X-Men Origins: Wolverine, 2009)


  • Tahun  2003
Logan, si amnesia yang berkeliaran, menafkahi hidupnya dengan menjadi petarung kandang, dimana ia bertemu dengan Rogue. Mereka berdua di rekrut X-Men dan mencegah rencana Magneto menggunakan sebuah senjata yang dapat memutasi pemimpin-pemimpin dunia di sebuah pertemuan besar. Professor Charles Xavier masuk kedalam pikiran Logan dan mengirimnya ke danau Alkali, namun Logan tidak dapat menemukan apa apa disana. (X-Men, 2000)
Kisah Lengkap Wolverine Lengkap Dari X-Men Hingga Logan 4
 20th Century FOX
William Stryker merencanakan sebuah plot untuk mengkriminalisasi mutan-mutan, menyerang sekolah mutan milik Xavier dan membuat sebuah pertunjukan di danau Alkali, dimana Wolverine menyaksikan Jean Grey – wanita yang ia cintai – mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan teman-temannya. (X2 United, 2003)


  • Tahun 2006


“Obat penyembuh” mutan telah ditemukan. Jean Grey kembali dibawah pengaruh persona jahatnya, Phoenix, membunuh Cyclops dan Professor X. Jean berkhianat dan bergabung dengan Magneto lalu akhirnya dapat meyakinkan Wolverine untuk membunuh dirinya. (X-Men: The Last Stand, 2006)


  • Tahun 2013

Sedang hidup menyendiri di Kanada, Wolverine di bawa ke Jepang dan dipertemukan kembali dengan Yashida, yang sekarang menjadi pria tua kaya penderita kanker. Yashida mencoba “mengekstrak” keabadian Logan dan gagal. Pada akhirnya Wolverine harus berhadapan dengan robot samurai raksasa. (The Wolverine, 2013)


  • Tahun 2015
Kisah Lengkap Wolverine Lengkap Dari X-Men Hingga Logan 5
 20th Century FOX
Trask Industries melebarkan sayapnya. Logan bertemu Magneto dan Professor X di bandara, dimana mereka meminta bantuan kepada Wolverine untuk melindungi para mutan dari ancaman baru. (The Wolverine, 2013)


  • Tahun 2023
Kisah Lengkap Wolverine Lengkap Dari X-Men Hingga Logan 6
 20th Century FOX
Masa depan tempat yang horror bagi para mutan dan manusia. Di ambang kepunahan mutan dan manusia, para X-Men melakukan usaha terakhir dengan mengirim alam bawah sadar Logan ke masa lalunya untuk mengubah sejarah agar masa depan nanti tidak se-kampret ini. (X-Men: Days of Future Past, 2014)


NEW TIMELINE (GARIS CERITA YANG BARU)
Untuk timeline baru ini kita akan dibawa kembali ke tahun 1973



  • Tahun 1973


Logan dari tahun 2023 melakukan perjalanan kembali dalam waktu untuk mencegah Mystique membunuh Trask. Mystique menyelamatkan Presiden Richard Nixon dari kekacauan yang dibuat Magneto, lalu Presiden menghentikan program Sentinel agar tidak di kembanglanjutkan.
Logan ditangkap oleh Mystique, menyamar sebagai William Stryker dan dibawa pergi oleh pihak militer. (X-Men: Days of Future Past, 2014)


  • Tahun 1983

Selama berkonflik dengan si Apocalypse (En-Sabah Nur), beberapa anggota X-Men di tangkap oleh William Stryker. Saat melakukan misi penyelamatan ke fasilitas rahasia Weapon X milik Stryker, Jean Grey dan Cyclops tidak sengaja membebaskan Logan dari tahanan, yang sekali lagi mendapatkan tulang Adamantium. Wolverine mengamuk, membantai personel militer yang ada di dalam fasilitas, dan pada saat pertemuan singkatnya dengan Jean Grey, Jean membuka sebagian ingatannya dan Wolverine pun kabur ke pegunungan. (X-Men: Apocalypse, 2016)



  • Tahun 2023
Alam bawah sadar wolverine kembali ke masa depan, dimana dia melihat teman-temannya di sekolah mutan Xavier masih hidup dan sehat wal-afiat. (X-Men: Days of Future Past, 2014)


  • Tahun 2028
Kisah Lengkap Wolverine Lengkap Dari X-Men Hingga Logan 7
 20th Century FOX
Semua teman-temannya mati saat Xavier mengalami kejang-kejang yang membuat kekuatan telepatinya tidak stabil dan membunuh semua anggota X-Men yang dikenal sebagai “Insiden Westchester”. Logan selamat dan merawat Xavier di persembunyiannya di Meksiko. (Logan, 2017)


  • Tahun 2029

Logan sekarat karena keracunan Adamantium, Xavier sudah rengkot (tua). Mereka membantu seorang gadis mutan muda melarikan diri ke Kanada namun mereka berdua meninggal dalam perjalanan kesana… Tamat L

Seperti itulah cerita panjang dari seorang Logan yang penuh masalah dan penderitaan, Jadi menurut kalian bagaimana kisah hidup Logan ini ? silahkan tinggalkan komentar kalian dibawah ya :)

Source: digitalspy.com
Translator by aryaaanugrah
Edited by: Bangtax

Artikel ini juga terbit di kaskus dengan judul "Inilah Kisah Wolverine Dari X-Men Hingga Logan Lengkap Dengan Gambar"

Share This Article With Your Friends

18 komentar

  1. jujur gw sedih ngeliat si logan pas di film terakhirnya

    BalasHapus
  2. jadi pengen nonton filmnya nih gan

    BalasHapus
  3. Gw belum nonton yang apocalypse sama logan T,T

    BalasHapus
  4. Gak ngikutin seri wolverine.......coba nntn dari awal ah :D

    BalasHapus
  5. Gue sih gak pernah lihat seri wolvrine ,tpi jadi pengen nonton setelah lihat lihat tadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan dijamin seru dah filmnya, gak mengecewakan

      Hapus
  6. Ternyata filemnya seru seru ya gan...jadi ketagihan nih main ke blog agan...makasih infonya.

    BalasHapus
  7. Pernah lihat wolvrine, jadi pengen nonton setelah lihat" Tadi..filmnya seru

    BalasHapus
  8. wah ane jarang tau tentang wolverine nih dan susah ngebedain nya dengan xmen

    BalasHapus
    Balasan
    1. x-men sama wolverine ceritanya sekarang tersinkron kok gan, jadi silahkan aja tonton sesuai jalan ceritanya, dijamin seru kok

      Hapus


EmoticonEmoticon