Cara Membuat WPAP Lengkap Dengan Gambar Dan Video Part 1

Berjumpa kembali dengan Bangtax yang kali ini akan membahas "Bagaimana cara membuat WPAP dengan mudah dan cepat". Ya, berawal dari keisengan saya untuk mencoba teknik pop art ini sampai saya bisa menghasilkan duit untuk mendesain beberapa order model WPAP. WPAP adalah singkatan dari Wedha's Pop Art yang penemu nya sendiri adalah orang Indonesia bernama Wedha Abdul Rasyid asal Pekalongan, Jawa Tengah pada tahun 1990 yang lalu.

Cara Membuat WPAP Lengkap Dengan Gambar Dan Video Part 1

PENGENALAN SINGKAT WPAP

WPAP sendiri adalah gaya ilustrasi potret manusia yang didominasi bidang-bidang datar warna mencolok dan sering dikenal dengan sebutan foto berkotak cerah, warna yang dihasilkan menentukan posisi bagian tengah dan belakang untuk menimbulkan dimensi baru yang dibentuk dari garis-garis tegas dimana posisi anggota wajah dan proporsinya tetap sama dengan gambaran aslinya, selain itu ada beberapa teknik utama WPAP antara lain faceting, skintone, coloring, & background. Dan seiring berkembagnya teknologi, membuat WPAP tidak lagi menggunakan media kanvas atau kertas yang manual tetapi sudah menggunakan software grafis komputer seperti Corel Draw, disamping lebih praktis, cara ini lebih unggul dikarenakan hasil karya dapat di cetak sebanyak mungkin dan dapat di aplikasikan dalam media apapun seperti baju, banner, stiker, gelas. Dimana nanti akan dijelaskan lebih lengkap bagaimana cara dan langkah-langkah dalam proses desain WPAP menggunakan aplikasi yang sudah disiapkan sebelumnya yaitu Corel Draw.


LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT WPAP:


TAHAP FACETING

1. Siapkan aplikasinya, disini saya menggunakan aplikasi Corel Draw X8.

2. Masukkan foto yang ingin kalian edit, caranya klik menu file > import > klik import lagi.


3. Lalu kunci foto dengan cara klik kanan, lalu pilih Lock Object.


4. Dibagian menu Freehand tool pilihlah Pen Tool.

5. Lalu mulai lah untuk "Faceting" fokuslah dulu kebagian yang susah seperti Mata, Hidung & Mulut. Dan yang perlu kalian perhatikan yaitu pastikan tidak ada garis yang putus, usahakan garis tetap menyatu dengan garis lainnya.


6. Dan setelah selesai melakukan "Faceting" saatnya kita membuat "Skintone".



TAHAP SKINTONE

7. Pertama-tama klik smart Fill Tool.


8. Lalu ke menu Fill Options, pilih "Fill Color" kemudian klik "Color Eye Dropper"



9. Kemudian klik 1x ke bagian objek, lalu klik 1x lagi untuk menghasilkan warna dominan objek tersebut, setelah itu klik 1x lagi untuk menimpa warna ke objek yang sudah di seleksi, lakukan terus cara ini berulang-ulang sampai semua objek berisi warna.


10. Untuk Menghilangkan garis yang sudah kalian gunakan dengan "Pen Tool" cukup mudah yaitu silahkan klik ke bagian  Outline Width, lalu pilih "None".


11. Dan Skintone pun sudah jadi.



Dan itu lah beberapa "Cara Membuat WPAP Lengkap Dengan Gambar Dan Video Part 1" di artikel ini saya hanya menjelaskan langkah-langkah dari Faceting dan Skintone, Untuk langkah-langkah membuat WPAP (Final) bisa kalian klik DISINI


TUTORIAL VIDEO PART 1

Share This Article With Your Friends

12 komentar


EmoticonEmoticon