14 Kebiasaan Buruk Yang Sepele Dan Masih Dilakukan Orang Indonesia

Bangtax.net - Sebagai manusia siapa sih yang gak risih dengan peraturan, apalagi teruntuk kalian yang emang memiliki watak keras dan suka membangkang kepada aturan. Kalau kalian termasuk orang seperti itu, mungkin kalian agak berat ketika melihat isi artikel ini.

14 Kebiasaan Buruk Yang Sepele Dan Masih Dilakukan Orang Indonesia

Tapi coba aja deh dibaca sampai habis, siapa tau hati kalian akan tergerak dan bisa mengubah mindset kalian selama ini. Maka dari itu saya akan menjelaskan 14 kebiasaan buruk dan sepele yang masih dilakukan orang Indonesia sampai sekarang, apakah kamu termasuk ?
Baca Juga:

1. Menonton acara televisi gak bermutu

14 Kebiasaan Buruk Yang Sepele Dan Masih Dilakukan Orang Indonesia 1

Sengaja saya letakkan dipembahasan awal, karena hal ini harus jadi yang pertama untuk dibenahi pada industri hiburan tv tanah air. Layar kaca tv Indonesia makin kesini makin banyak acara hiburan atau reality show yang ngaco dan norak,  bahkan anggapan kita dulu jika menonton berita dan debat adalah hal membosankan, maka sekarang hal tersebut adalah yang disukai bagi kita ketimbang menonton acara reality show di tv. Oh ya, satu lagi. mungkin sekarang lebih mending nonton Youtube ketimbang nonton acara tv tanah air, karena di Youtube lebih banyak ilmunya dan kita lebih bebas memilih selera tontonan.


2. Merokok saat berkendara motor & mobil

14 Kebiasaan Buruk Yang Sepele Dan Masih Dilakukan Orang Indonesia 2
img: twitter.com (@Rosadicted)
Yang paling menyebalkan tetapi masih ada disekitar kita adalah perokok yang semena-mena dijalan dan merasa bahwa dunia adalah milik dia dan sebatang rokoknya. Hal inilah yang meresahkan banyak orang,  dimana jalanan adalah tempat kita berkendara dan butuh fokus yang lebih, eh malah kena asap rokok belum lagi abu rokoknya yang bahkan dapat membahayakan mata. Jadi untuk kalian yang bertemu dengan oknum seperti itu mending di tegur, supaya perbuatannya itu tidak merugikan pengendara lain dijalan.


3. Mendengar musik saat berkendara motor & mobil

14 Kebiasaan Buruk Yang Sepele Dan Masih Dilakukan Orang Indonesia 3

Mendengar musik tidak dilarang keras,  hanya saja jika volume nya dikeraskan hal tersebut lah yang justru lebih membahayakan untuk pengendara mobil karena dapat mengurangi fokus saat berkendara.  Dan juga untuk pengendara motor mungkin agar tidak menggunakan headset dijalan karena hal itu juga dapat mengganggu konsenstrasi saat berkendara.


4. Membuang sampah bahkan sekecil bungkus permen

14 Kebiasaan Buruk Yang Sepele Dan Masih Dilakukan Orang Indonesia 4

Oknum ini biasanya melakukan hal tersebut ketika saat dijalan atau saat berada ditempat yang agak sepi bahkan ditempat keramaian seperti di jalan raya,  trotoar, taman kota, dan festival acara musik. Memang susah merubah mindset beberapa oknum ini,  tapi mari kita mulai dari sendiri aja dulu siapa tau berpengaruh ke orang lain juga.


5. Menonton film streaming illegal (internet)

14 Kebiasaan Buruk Yang Sepele Dan Masih Dilakukan Orang Indonesia 5

Faktor yang menyebabkan orang menonton film streaming ilegal adalah internet, kesibukan,  dan fasilitas yang tidak lengkap.  Internet adalah jalan terakhir untuk orang-orang mencari film yang telah tayang dibioskop atau film yang sudah ada sebelumnya, akses internet sekarang lebih mudah,  semua ada termasuk situs streaming film ilegal. Yang kedua, adalah kesibukan, tidak sedikit juga orang yang mungkin tidak sempat menonton film di bioskop karena terhalang kerjaan atau hal lainnya yang menyebabkan dia lebih memilih nonton film streaming ilegal di internet. Yang terakhir adalah fasilitas,  fasilitas disini maksudnya adalah tempat kita agar dapat menonton film legal seperti bioskop ataupun media stream online yang resmi, seperti netflix dll,  hal ini tidak berlaku untuk mereka yang tinggal di daerah perkampungan, boro-boro mau nonton bioskop, jaringan internet saja masih suka hilang-hilang.


6. Oke OTW!

14 Kebiasaan Buruk Yang Sepele Dan Masih Dilakukan Orang Indonesia 6

OTW atau On The Way adalah kata yang sering banget dipake orang-orang Indonesia saat memberitahu teman-temannya di chat atau telpon ketika ingin pergi ke suatu tempat yang dituju. Tapi OTW disini berbeda tergantung untuk beberapa orang, ada yang OTW tapi on-time (tepat waktu) tapi ga sedikit juga orang yang bilang OTW tapi ngaret nya luar biasa.


7. Merokok ketika ada orang tua lanjut usia dan anak kecil disekitar

14 Kebiasaan Buruk Yang Sepele Dan Masih Dilakukan Orang Indonesia 7

Sama seperti merokok saat berkendara. Merokok di ruangan, rumah makan atau cafe tertentu juga butuh kesadaran dan kepekaan kita terhadap lingkungan sekitar. Janganlah merokok ketika ada orang tua ataupun anak kecil jika mereka ada disekitarmu.


8. Budaya tertib antri

14 Kebiasaan Buruk Yang Sepele Dan Masih Dilakukan Orang Indonesia 8
img illustration: id.quora.com/profile/Derian-Adie
Masih banyak orang yang mengabaikan hal ini,  walaupun sepele tapi hal ini sangat penting untuk membangun sifaf kedisiplinan dalam diti kita. Kejadian ini masih banyak kita temui saat kita pergi ke toko-toko waralaba seperti indomaret dll, masiha ada saja yang suka menyerobot antrian,  biasa ini banyak dilakukan oleh oknum ibu-ibu.


9. Download software dan game secara illegal

14 Kebiasaan Buruk Yang Sepele Dan Masih Dilakukan Orang Indonesia 9

Kamu sering download software dan game + cracknya di google, berarti saya tidak sendiri haha. Entahlah kenapa masih sampai sekarang demen aja gitu masih ngelakuin hal ini, walaupun tindakan ini sangat dilarang sih.


10. Membeli motor dan mobil sebanyak mungkin

14 Kebiasaan Buruk Yang Sepele Dan Masih Dilakukan Orang Indonesia10

Fasilitas transportasi umum yang tidak lengkap merupakan salah satu faktor kenapa orang-orang lebih memilih membeli motor dan mobil sebanyak mungkin, hal tersebut dikarenakan orang-orang tidak butuh repot untuk berdesak-desakan di angkutan umum atau menunggu lama di halte.


11. Trotoar untuk pengendara motor

14 Kebiasaan Buruk Yang Sepele Dan Masih Dilakukan Orang Indonesia 11
img: twitter.com (@tuanjuan_)
Trotoar adalah fasilitas khusus yang disiapkan untuk pejalan kaki, tapi sepertinya itu tidak berlaku di Indonesia. Kemacetan dan ketidaksabaran adalah faktor penyebab kenapa pengendara motor lebih memilih untuk menerobos trotoar dibanding menunggu lama dan menahan panas terik matahari jika terkena macet di jalan raya.


12. Gibah

14 Kebiasaan Buruk Yang Sepele Dan Masih Dilakukan Orang Indonesia 12
img illustration: twitter.com (@halilaaaaaa_)
Gibah adalah salah satu kebiasaan buruk yang masih dilakukan sebagian orang, gibah sendiri adalah istilah untuk orang-orang yang suka membicarakan keburukan atau aib seseorang. Trend gibah masa kini bukan lagi ibu-ibu yang suka mengumbar aib tetangga pada pagi hari di tempat penjual sayur keliling, tapi gibah sekarang sudah tidak mengenal gender lagi, baik wanita dan pria juga dapat menuangkan ke gibahan-nya ketika lagi nongkrong di cafe, warkop, bahkan di obrolan chat kalian bisa menuangkan semua ke-gibahan tersebut.


13. Bullying & Verbal abuse

14 Kebiasaan Buruk Yang Sepele Dan Masih Dilakukan Orang Indonesia 13

Sepertinya ini adalah masalah serius dan tidak akan ada habis-habisnya. Bahkan tidak hanya di Indonesia aksi bullying dan verbal abuse ini juga ramai dibahas di berbagai seluruh dunia. Tidak main-main, sebagian dari korban yang lemah mental dari aksi bullying dan verbal abuse ini dapat berujung menjadi gila atau bahkan mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri. Maka dari itu mulai sekarang Stop Bullying & Verbal Abuse.


14. Asing dengan Sex Education

14 Kebiasaan Buruk Yang Sepele Dan Masih Dilakukan Orang Indonesia 14

Penting nya sex education harus ditanamkan kepada anak-anak kita sejak mereka baligh atau beranjak dewasa. Kurangnya sex education juga menjadi masalah serius bagi anak yang akhirnya akan berimbas juga oleh para orang tua, alhasil tiap tahunnya di Indonesia pasti ada saja kasus pelecehan seksual dan anak hamil diluar nikah. Jadi mulai dari sekarang janganlah merasa tabu jika membicarakan atau menjelaskan edukasi seks kepada anak-anak kalian.

Share This Article With Your Friends


If You Like Articles On This Blog, Subscribe For Free Via Email


0 Comments

Posting Komentar