Cara Submit Sitemap Google SEO 100% Terbaru

Bangtax.net - Untuk teman-teman pemula yang baru memiliki blog, adakalanya cara ini harus kalian lakukan agar artikel didalam blog kalian bisa ter-indeks oleh Google.

Cara Submit Sitemap Google SEO 100% Terbaru

Sitemap adalah daftar alamat url artikel pada sebuah web atau blog yang sistem kerjanya akan diperbarui secara otomatis. Karena ini hukum nya wajib untuk meningkatkan SEO, maka lakukan lah hal ini sesegara mungkin untuk blog kamu.

Pada tutorial kali ini saya akan memberitahu 2 cara untuk membuat sitemap, silahkan kalian pilih salah satu dari 2 cara tersebut untuk di praktekkan. Dan jika kamu sudah berhasil membuat sitemap maka yang terakhir adalah bagaimana cara kamu submit sitemap yang sudah kamu buat ke pencarian google. Maka dari itu simak baik-baik yah cara nya, check it out!


1. CARA MENGETAHUI SITEMAP RESMI BAWAAN BLOGGER

Beruntunglah kalian yang menggunakan CMS dari blogger karena cara kedua ini mungkin bisa dibilang sangat singkat dibandingkan kalian menggunakan CMS Wordpress, karena sitemap yang kita buat sebenarnya sudah otomatis disediakan oleh pihak blogger sendiri dengan format .xml dan kalian bisa langsung check di alama url berikut: namablog.com/sitemap.xml

Cara Membuat dan Submit Sitemap Google SEO terbaru



2. CARA SUBMIT SITEMAP KE WEBMASTER TOOL GOOGLE

Oke, jadi ini adalah tahap terakhir, dimana kalian harus memilih salah satu dari 2 cara diatas untuk di masukkan/di submit kedalam Google Search Console. Caranya sangat mudah, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Pertama, kalian bisa pergi ke alamat Google Search Console, setelah itu silahkan pilih tombol Mulai sekarang
Cara Membuat dan Submit Sitemap Google SEO terbaru


2.  Jika kalian baru mendaftar di Google Search Console, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah (Jika situs kamu sudah terdaftar di google search console sebelumnya, maka kalian bisa langsung lompat ke cara no.4 dibawah). Selanjutnya kalian tinggal memasukkan alamat situs kalian ke kolom Awalan URL dengan contoh aturan penulisan https://www.nama situs kamu.id. Kalau sudah tinggal klik Terus.


3. Selanjutnya akan muncul pop up verivikasi dari google search console, maka kalian tinggal klik tombol Buka Properti


4. Kalau sudah masuk di jendela google search console, silahkan kalian pergi ke menu "Peta Situs" kemudian pada kolom "Tambahkan peta situs baru" isi url yang sudah kalian buat sebelumnya. Caranya cukup masukkan sitemap.xml. Jika sudah kalian cantumkan maka silahkan klik tombol Kirim
Cara Membuat dan Submit Sitemap Google SEO terbaru


Setelah berhasil dikirim, maka kalian hanya tinggal menunggu waktu saja, proses crawl situs biasanya memakan waktu paling lama yaitu 1 hari, tergantung dari banyak nya artikel yang ada. Jika suatu hari nanti sitemap bermasalah maka pihak google search console akan mengirimkan notifikasi ke email kalian, jadi jagalah baik-baik sitemap anda, karena sitemap lah yang membuat artikel kita bisa terindeks oleh google. Sekian tutorial kali ini, sekali lagi saya ucapkan terima kasih untuk kalian yang sudah berlangganan dan mengikuti blog ini.

Share This Article With Your Friends

0 Comments

Posting Komentar