MOHON MATIKAN ADBLOCK ANDA, KARENA BIAYA MAINTENANCE SERTA UPDATE ARTIKEL BERGANTUNG PADA IKLAN YANG MUNCUL PADA BLOG INI | DAN JANGAN LUPA UNTUK FOLLOW SEMUA SOSIAL MEDIA BANGTAX ATAU SILAHKAN PERGI KE KOLOM BERLANGGANAN/SUBSCRIBE DI BAGIAN BAWAH BLOG BANGTAX UNTUK MENDAPATKAN UPDATE ARTIKEL MENARIK LAINNYA.

Inilah Alasan Kenapa Musik Bisa Mengakibatkan Deja vu




Bangtax.net - Pernahkah kalian saat mendengarkan sebuah lagu, seakan-akan teringat dengan masa lalu. Yap, kita adalah manusia yang selalu mengingat suatu kejadian pada masa lampau dengan sebuah patokan, contoh saja musik atau lagu.

Inilah Alasan Kenapa Musik Bisa Mengakibatkan Deja vu

Penjelasan mudahnya, misal saja saat kalian kecil orang tua kalian sering memutar musik Jazz maka saat dewasa nanti ketika mendengar musik genre Jazz pasti kalian akan terlintas masa-masa kecil bersama orang tua kalian dulu.

Baca Juga: Trending YouTube Mencerminkan Selera Tontonan Masyarakat Indonesia

Dikutip dari National Geographic Indonesia, hal ini pun dijelaskan oleh  Jean-Julien Aucouturier, penyidik di National Centre Prancis untuk Riset Ilmiah (CNRS), mengatakan riset ini menguatkan teori tentang bagaimana musik mempengaruhi otak.
Inilah Alasan Kenapa Musik Bisa Mengakibatkan Deja vu
Jean-Julien Aucouturier, penyidik di National Centre Prancis untuk Riset Ilmiah (CNRS).
"Sampai sekarang, ada hipotesis bahwa lagu-lagu favorit adalah sejenis super stimulus, memicu pola yang sama, tapi yang lebih kuat (pengaruhnya) dibandingkan lagu-lagu lain," kata Aucouturier.

"Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas tersebut tidak memberikan rangsangan kuat terhadap bagian yang dirangsang, lebih kepada membuat keterhubungan di antara berbagai bagian (otak)," imbuh Aucouturier.

Inilah Alasan Kenapa Musik Bisa Mengakibatkan Deja vu

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa mendengarkan musik bisa mempengaruhi otak kita, terismpan dalam memori sehingga kita bisa tetap merasakan kejadian-kejadian sesuai musik yang pernah di dengar pada masa lampau, walaupun tidak merasakan nya secara fisik, kita masih bisa merasakan ingatan memori yang tersimpan di otak, yang menyebabkan seakan-akan kejadian yang dulu akan terasa hidup kembali.

Inilah Alasan Kenapa Musik Bisa Mengakibatkan Deja vu
Saya sendiri pun sempat merasakan "Deja vu" dibeberapa  musik, contoh saja saat mendengar lagu-lagu dari Peterpan a.k.a Noah, pasti di pikiran saya akan terlintas kejadian dimana saya pernah bermain petak umpet di samping rumah bersama teman-teman saya semasa kecil dulu, sungguh memori yang takkan saya lupakan karena dulu saya dan teman-teman bermain dengan sangat riang seperti anak-anak kecil pada umumnya, lalu kenapa saya bisa merasa Deja vu?

yap, karena dulu saat bermain petak umpet tetangga disamping rumah saya sering banget memutar musik lagu-lagu dari band tersebut menggunakan speaker, jadi suara lagunya seakan-akan mengiringi kami bermain pada saat itu, dan tak heran jika memori pada lagu-lagu dari band tersebut tidak akan mudah hilang dari pikiran saya.

Inilah Alasan Kenapa Musik Bisa Mengakibatkan Deja vu

Sebenarnya masih banyak sekali kenangan saya pada masa lalu yang tersimpan di sebuah memori sebuah lagu, cuman akan tidak cukup dan terlalu panjang untuk di jelaskan pada artikel ini hehehe..

Apakah kalian juga pernah mengalami hal yang sama seperti dijelaskan diatas, mungkin lagu yang mengingatkan tentang teman, keluarga, atau mantan kekasih mungkin hehehe!!  kalau pernah komen dibawah yah :)


Lihat Artikel Lainnya :

Load comments