Google Chrome VS Mozilla Firefox, Mana Yang Terbaik ?

Kalian seringkali menggunakan browser apa di PC/laptop/gadget kalian ? apa google chrome atau firefox? di artikel kali ini saya akan menjelaskan kelebihan maupun kekurangan dari masing-masing browser tersebut.

Google Chrome VS Mozilla Firefox, Mana Yang Terbaik ?

Dalam penggunaannya sendiri browser merupakan software/aplikasi yang berguna untuk membantu penggunanya mencari atau mengakses berbagai halaman web dll. Dibanding google chrome, firefox lebih awal diluncurkan yaitu pada 9 november 2004 sedangkan google chrome diluncurkan pada 2 september 2008. Pada tahun 2016 sendiri firefox sudah berkembang menjadi versi 49.0.0 sedangkan google chrome berkembang menjadi versi 53.0.0 saat ini.

Tapi disini saya tidak memihak lebih baik mana antara firefox atau google chrome, kalian akan bisa merasakannya sendiri sebagai pengguna software browser tersebut. Langsung aja kita membahas perbandingan antara Google Chrome VS Mozilla Firefox.


SECURITY

- Mozilla Firefox (Very Good ★★★★★)
Mozilla Firefox memiliki security yang ketat dan terbilang sangat baik untuk penyimpan semua password akun kita. Caranya sangat mudah kalian bisa men-setting nya dengan cara "klik Open Menu di pojok kanan atas firefox > Options > Security > Use Master Password.

Google Chrome VS Mozilla Firefox, Mana Yang Terbaik ?
Open Menu di Mozilla Firefox (pojok kanan atas)

Google Chrome VS Mozilla Firefox, Mana Yang Terbaik ?
Tab Security di Mozilla Firefox

Jadi jika kalian mengaktifkan dan memasang "Master Password" maka semua id dan password yang kalian simpan akan terjaga aman 100%,  karena jika kalian ingin login ke sebuah socmed misal saja seperti facebook/twitter/google plus dll, maka dia akan meminta master password yang kalian konfigurasi sebelumnya.

- Google Chrome (Average★★★)
Beda dengan firefox yang men-setting "Master Password" di options menu, google chrome hanya bisa melindungi semua password yang kita simpan dengan bantuan extension, contoh saja seperti extension "LastPass".
Google Chrome VS Mozilla Firefox, Mana Yang Terbaik ?
Salah satu extensions security Google Chrome


PEMAKAIAN RAM

- Mozilla Firefox (Average★★★)
Dalam pemakain RAM, firefox adalah salah satu browser yang masih boros jika menggunakan RAM ketimbang google chrome.

- Google Chrome (Good ★★★★)
Jika dibandingkan dengan Firefox yang memiliki security yang terbaik, Google Chrome kali ini memegang satu langkah terdepan dibagian penghematan RAM yang terbilang hampir beda tipis dengan Mozila Firefox.

Dibawah ini saya menguji berapa besar program tersebut memakan konsumsi RAM, masing-masing browser saya uji dengan membuka 6 tab di firefox dan di chrome. Dan lihat hasilnya di bawah.

Google Chrome VS Mozilla Firefox, Mana Yang Terbaik ?
Menggunakan browser Chrome

Google Chrome VS Mozilla Firefox, Mana Yang Terbaik ?
Menggunakan browser Firefox

Dari penjelasan diatas, sudah berarti browser yang memiliki performa terbaik adalah Google Chrome sedangankan browser yang memiliki pengamanan (security) terbaik adalah Mozilla Firefox. Selanjutnya silahkan kalian bandingkan sendiri browser mana yang kalian anggap lebih nyaman dan aman, ini hanyalah pengalaman saya menggunakan browser tersebut (Mozilla Firefox & Google Chrome) tetapi kalian bisa mencoba browser selain 2 browser tenar tersebut seperti Safari, Opera, Maxthon, Flock, Microsoft Edge, dll.

Share This Article With Your Friends

5 komentar


EmoticonEmoticon