Fenomena VLOG Dan Penyebab Kita Menonton VLOG

Fenomena VLOG Dan Penyebab Kita Menonton VLOG

Berjumpa kembali dengan Bangtax yang kali ini akan membahas tentang fenomena-fenomena vlog yang tiap hari menjadi tren serta sebab yang umum kenapa kita menonton vlog tersebut, sebelum ke inti pembahasan, saya akan memberi penjelasan tentang apa itu VLOG.

VLOG adalah singkatan dari video blog, yaitu sebuah rekaman video dokumentasi atau video tentang aktifitas yang dilakukan oleh para vlogger itu sendiri, vlog ini biasanya disematkan di sebuah situs web berbagi video seperti YouTube.

AWAL MUNCULNYA VLOG

Dikutip dari loop.co.id bahwa vlog diawali oleh seorang yang bernama Adam Kontras yang   memposting artikel bersamaan dengan video yang dia upload pada tahun 2000, dan pada bulan november tahun 2000 seorang bernama Adrian Miles juga mengupload sebuah video berisi gambar yang diikuti oleh text-text yang berubah yang ia posting juga diblognya. Dan pada tahun 2004, seorang bernama Steve Garfield asal Boston, Amerika Serikat meluncurkan video blognya sendiri dan saat itulah video blog berawal. Vlog sendiri mengalamai peningkatan pada tahun 2005 karena munculnya video web sharing yaitu YouTube.


FENOMENA VLOG

Dengan perkembangannya sekarang vlog sekarang lebih terlihat bervariasi, dimana ada vlog yang berdurasi pendek maupun berdurasi video panjang, jika kita melihat videoblog atau vlog yang berdurasi panjang maka kita akan terheran-heran jika melihat vlog yang berdurasi pendek, contoh saja vlog yang berdurasi pendek seperti vlog yang di upload oleh Kaesang (anak Presiden RI) di akun youtube-nya beberapa video vlog nya bahkan berdurasi hanya sekitar 1 menit bahkan ada yang kurang dari 1 menit. Terbukti begitu ramai nya orang-orang dari yang bukan artis hingga artis menunggah video vlog-nya ke youtube, sampai anak presiden pun juga mengikuti trend ini.





Saya sendiri mengaku hobi sekali melihat vlog-vlog dari para youtuber seperti Raditya Dika, Chandra Liow, Arief Muhammad, Bayu Skak, Agung Hapsah, Salshabilla dan masih banyak lagi. Lalu apasih penyebab kita bisa sering menonton sebuah VLOG tersebut ?


PENYBEBAB KITA SUKA MENONTON VLOG

1.) Cinematography

Ya, ini adalah salah satu kesenangan dari saya sendiri karena mata saya lebih dimanjakan dengan kerennya cinematography yang para vlogger tersebut sajikan, contoh saja vlogger yang menyatukan vlogging nya dengan cinematography seperti ChandraLiow, entah apa yang saya rasakan sangat berbeda dengan vlog-vlog lainnya.




2.) Interaktif dengan viewers

Jaman sekarang Vlog tidak lagi hanya mengandalkan musik saja tapi dialog yang interaktif supaya vlog yang dihasilkan tidak terlihat membosankan. Sering berbicara di depan kamera dan orang
 disekitar kalian bisa membuat vlog kalian lebih berisi dengan kata lain tidak membosankan untuk dilihat para viewers nantinya.




3.) Real Life

Vlog harusnya berhubungan dengan kehidupan nyata sehari-hari, bukan berisi kegiatan yang di setting / palsu, selama ini Vlog yang saya tonton murni dari kehidupan vlogger itu sendiri dan mustahil jika vlog itu settingan/palsu. Yap, benar karena vlog bukan lah jenis variety show seperti di Tv.




4.) Menarik

Menarik disini artinya isi dari vlog tersebut, kita bisa mengambil beberapa hal yang sudah dijelaskan di atas seperti tampilan vlog tersebut, sering berbicara dan tidak kaku bila berbicara di depan kamera,

vlog yang dipublish adalah murni kehidupan nyata vlogger. Selain itu video editing dari vlog tersebut juga menjadi alasan beberapa orang tertarik menonton vlog seperti menambahkan kata animasi teks, gambar, emoticon, dll.



5.) Lucu, Kocak, Unik

Vlog yang berisi hal-hal lucu dan konyol terbukti bisa membuat vlog menjadi lebih populer, dimana para viewers juga hanyut dalam kelucuan vlogger sebut saja salah contoh video vlog yang unik seperti vlog dari Kaesang anak Presiden RI (Jokowi) di kesempatannya bertemu dengan sang bapak di istana presiden, sekilas video ini hanya kurang dari beberapa detik saja (kurang dari 1menit) tapi bisa meraup banyak viewers



Tetapi masih banyak lagi kok vlogger-vlogger yang menarik, lucu, unik dan kocak di youtube, tergantung bagaimana kalian sendiri menikmati vlog tersebut, yang pasti jangan keseringan nonton vlog ntar gak sadar kalau kuota internet kalian terkuras habis haha..., itulah beberapa penjelasan saya tentang VLOG jika kalian suka menonton VLOG coba KOMENTAR DIBAWAH siapa-siapa saja Yotutuber's yang pernah atau sering kalian lihat VLOG nya.

Share This Article With Your Friends

6 komentar

  1. Keren mas artikelnya, kebetulan saya juga suka nonton vlog.

    Mampir juga ke blog saya
    www.rendomblog.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Aku suka nonton HowToBasic dan sangat berharap HowToBasic membuat vlog sekaligus tutorial yang bermanfaat seperti tutorial-tutorial dia yang sebelumnya. Pasti makin ajib

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah thanks gan support nya, pasti bakal di benahi lagi postingan-postingan selanjutnya

      Hapus
  3. Saya juga sempat menggandrungi salah satu vlogger di atas (ada fotonya,gk usah disebut ya.. ^^).Tapi sudah saya unfollow karena secara tidak sadar dia mulai (maaf) sombong.
    *kunjungan balik,thanks sudah mampir ke chariszha.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah siapa itu mba hehe :) iya mba sekalian di follow ya blog saya ntar segera saya follback

      Hapus


EmoticonEmoticon