Zaman Sekarang, Blogger Tidak Setara Dengan Portal Berita Besar

Bangtax.net - Halo berjumpa kembali di blog bangtax, tema artikel kali ini terkait dengan isu blogger yang kalah saing dengan portal-portal berita besar.

Zaman Sekarang, Blogger Tidak Setara Dengan Portal Berita Besar

Seperti yang kalian ketahui bahwa blogger adalah istilah untuk para pengguna atau pengelola blog, dan biasanya blog di kelola oleh 1 orang, tetapi kita juga bisa menjalin kerjasama dengan penulis-penulis untuk berkontribusi di blog yang kita miliki.


PUDARNYA BLOGGER


Seiring berjalannya waktu, blog tidak memiliki taring yang tajam lagi untuk bisa berselancar bebas di google rank, salah satu pemicunya adalah munculnya portal berita besar yang menguasai pasar google sekarang.

Zaman Sekarang, Blogger Tidak Setara Dengan Portal Berita Besar

Bagaimana tidak kalah saing, blog yang dikelola oleh 1 orang pasti kalah dengan artikel portal berita yang jelas-jelas di create oleh puluhan & ratusan penulis tiap harinya, dan bayangkan saja jika 1 hari mereka menghasilkan ribuan artikel, berapa banyak aspek kah yang telah mereka capai?

Dari segi google rank ? iya!, dari adsense ? iya!, dari banyaknya share artikel? iya, dari segi visitor/pengunjung? iya!


BUKTI REATLIME PORTAL BERITA


Berikut ini adalah bukti screenshot exclusive dari google analytics sebuah situs portal berita yang namanya sudah terkenal di Indonesia, FYI bahwa statistik ini adalah subdomain dari portal berita daerah, bayangkan saja jika portal daerah saja bisa dapatkan visitor realtime segitu banyaknya apalagi portal berita utama atau induknya. Mungkin bisa sampai belasan ribu bahkan puluhan ribu visitor realtime.

Zaman Sekarang, Blogger Tidak Setara Dengan Portal Berita Besar
Berikut tampilan Realtime dari sebuah portal berita di google analytics

Beberapa dari kalian pasti bertanya darimana saya bisa dapat bukti realtime diatas, yup.. kebetulan dulu saya pernah bekerja di salah satu media portal yang namanya bisa dibilang sangat populer di Indonesia.

Adanya artikel ini bukanlah untuk memudarkan semangat para blogger, tapi setidaknya fakta inilah yang harus kita terima di jaman blog sekarang ini, untuk profesi yang kita jalani ini, sepertinya kalian (blogger) harus cari cara lain untuk bisa kuat dan bertahan kedepannya.

Mulai dengan mengajak kontribusi penulis, atau mengelola banyak blog di kemudin hari, merupakan upaya yang bisa saja kalian coba, tapi itu tidak gampang, banyak tenaga dan waktu yang kita butuhkan untuk mengatur itu semua.

Zaman Sekarang, Blogger Tidak Setara Dengan Portal Berita Besar
Terlihat ditampilan diatas bahwa sebuah portal berita daerah saja bisa mencapai angka 5 juta visitor dalam sebulan.


NGE-BLOG BISNIS YANG MENJANJINKAN ?


Jadi apakah nge-blog bisa dibilang bisnis yang menjanjikan sekarang ini, jawabannya bisa iya dan bisa tidak. Iya, jika kalian bisa melewati tahap survive yang sudah saya utarakan diatas tinggal gimana kalian serius dan konsisten menjalaninya saja walaupun ya hasilnya tidak flexible juga dan sepertinya portal besar tetap menguasai bisnisnya, secara mereka sudah memiliki konsumen yang sangat banyak. Tidak, jika kalian tidak rajin nge-blog, tidak memahami algoritma, dan tidak memahami SEO, jika semua itu tidak kalian kuasai, ya siap siap aja say good bye! dan mulai cari kerjaan yang lain.

Jadi bagaimana nih teman-teman blogger? apakah masih semangat nge-blog nya ? jika ada unek-unek silahkan komen di kolom komentar dibawah yah

Share This Article With Your Friends

2 komentar

  1. Semangat utk para blogger!

    BalasHapus
  2. rajin ngeblog tapi tak pande seo seo an apakah berhasil no kalah

    BalasHapus


EmoticonEmoticon