Cara Membuat Efek Teks Long Shadow Keren di Adobe Illustrator

Bangtax.net - Sepertinya kurang pas kalau membuat desain teks di adobe illustrator tanpa efek tambahan, contoh saja efek tambahan tersebut seperti shadow,typography outline, 3d effect, dll. 



Khusus untuk tutorial kali ini saya akan menjelaskan cara mudah, cepat dan ringkas tentang bagaimana membuat efek long shadow pada teks di adobe illustrator. Yang perlu kalian ketahui bahwa saya mempraktekkan cara ini menggunakan adobe illustrator cc 2014 jadi bagi kalian yang menggunakan adobe illustrator versi lain harap menyelaraskan sendiri dengan tutorial kali ini.

1. BUAT BACKGROUND

Buat file baru, File > New > Profile: Web > Ok. Jika sudah silahkan buat kotak background menggunakan Rectangle Tool, lalu beri warna Fill kotak tersebut menggunakan Color Picker. (Untuk caranya bisa lihat gambar ilustrasi diatas)



2. MEMBUAT SAMPLE TEKS

Buat Teks dengan Type Tool. Untuk font dan ukuran bisa kalian sesuaikan dengan selera masing - masing asalkan teks masih ada di dalam zona kotak background


Kalian juga bisa ubah warna teks sesuai selera. Oke, selanjutnya kalian Copy Paste dengan cara Klik Teks setelah itu tekan Ctrl+C (Copy) pada teks lalu Ctrl+V (Paste) teks tersebut sebanyak 2 kali, sehingga nanti jumlah teks tersebut ada 3. (Untuk caranya bisa lihat gambar ilustrasi diatas)


Disini saya akan menjelaskan tentang penempatan layer, dimana ini juga sangat penting untuk kalian ketahui sebagai pemula. Oke, untuk langkah ini kalian harus benar-benar perhatikan caranya di gambar ilustrasi diatas, supaya nanti tidak kebingungan saat memberi nama dan mengurutkan teks.

Pertama, silahkan kalian buka Panel Layers yang ada dibagian sebelah kanan, pada project kali ini saya memberi nama masing-masing layers dengan cara klik 2 kali pada layer (nama layer dari atas - bawah: This 3, This 2, This 1). Kalau semua layer teks sudah diberi nama, maka susun kembali secara berurutan dengan cara klik kiri layer + drag (nama layer dari atas - bawah menjadi: This 1, This 2, This 3). Selanjutnya Hide layer teks paling atas (layer teks 1) gunanya agar kalian tidak terganggu saat membuat long shadow nanti cara menghilangkannya yaitu dengan cara klik kiri icon mata pada layer. (Untuk cara lengkapnya bisa lihat gambar ilustrasi diatas).


3. MEMBUAT LONG SHADOW TEXT EFFECT

Atur posisi teks (layer 2) dan teks (layer 3) seperti gambar ilustrasi diatas. beri warna teks teks (layer 2) dengan Color Picker sedangkan beri warna teks teks (layer 3) menggunakan Eyedropper Tool dan arahkan cursor ke warna teks (layer 2). Oke, kalau kedua teks sudah memiliki warna yang sama, selanjutnya kalian tinggal Klik Teks (layer 3) yang ada dibagian bawah tersebut kemudian atur Opacity / Transparent menjadi 0%.


Oke Oke kalau sudah tekan Shift + Klik Kiri ke teks (layer 2), jika kedua teks sudah terblok, Tekan 2 kali Blend Tool, setelah itu atur Opacity nya menjadi Specified Distance 1 px. Kemudian Klik OK. Belum selesai!! selanjutnya kalian pergi lagi ke Menu Object > Blend > Make. Dan jadilah efek long shadow yang berhasil kita buat.


Kemudian buka Panel Layer lagi, dan munculkan kembali teks (layer 1) yang di Hide tadi dengan Tekan kotak show ikon mata disamping kiri layer teks, setelah itu atur posisi teks (layer 1) diatas long shadow yang telah kita buat barusan. (Untuk cara lengkapnya bisa lihat gambar ilustrasi diatas).


- SELESAI -


Saya harap kalian bisa mencoba tutorial kali ini tanpa kendala dan masalah, jika pun itu ada janganlah kalian menyerah untuk mencobanya, jika ada sesuatu yang ingin kalian tanyakan berkaitan dengan tutorial diatas, silahkan komentar dibawah artikel ini + beserta gambar screenshot dari kalian, agar admin bisa memeriksa dan menemukan solusi yang terbaik.

Share This Article With Your Friends

0 Comments

Posting Komentar