Beginilah Cara Billboard Menentukan Chart Musik

Bangtax.net - Billboard adalah sebuah majalah musik yang mendunia sampai sekarang ini, bermarkas di New York, Amerika Serikat. Billboard terkenal dengan chart musik nya yang dimana sudah menjadi kiblat perhatian masyarakat dunia saat ini.

Beginilah Cara Billboard Menentukan Chart Musik

Lagu-lagu hits luar (Indonesia) yang sering kalian dengarkan baik di radio, cafe, mall, dll sebenarnya berawal tenar dari kancah media bergengsi Billboard ini, walaupun beberapa musisi indie jaman sekarang bisa mengangkat namanya lebih tinggi dan tenar melalui media layanan video seperti Youtube.


Tapi semua itu berbeda ketika band/musisi berada di chart billboard, musisi yang masuk chart Billboard saja sudah cukup merasa senang, karena jika seorang musisi berada di urutan (chart) Billboard berarti dia sudah dinyatakan berhasil memasarkan karya lagunya dengan sukses.


Seperti yang dikatakan sebelumnya, musisi yang berhasil masuk dalam Chart Billboard adalah musisi yang berhasil dan sukses dalam memasarkan karya nya. Lalu, bagiamana kah cara Billboard menentukan seorang musisi itu pantas untuk masuk dalam chart nya?

Beginilah cara kerja Hot 100 Billboard.
Beginilah cara kerja Hot 100 Billboard.

Billboard menentukan chart dengan memicu beberapa sektor yaitu Data penjualan CD, Pemutaran di radio-radio wilayah Amerika dan Streaming lagu di media layanan streaming seperti iTunes, Youtube, Spotify, dll. Seperti yang dirinci oleh situs Billboard.com bahwa penghitungan chart tersebut memiliki rasio (persenan) yang berbeda-beda tiap minggunya.

Jadi, bagaimanakah cara untuk mengetahui lagu-lagu yang lagi hits di Billboard sekarang ini ?


1. CEK CHART MUSIK WEBSITE RESMI BILLBOARD

Cara pertama untuk melihat daftar lagu yang masuk top hits Billboard yaitu dengan mengunjungi langsung website resmi Billboard, yang ingin melihat apa saja lagu-lagu yang masuk chart Billboard bisa cek di Billboard Hot 100.

billboard.com
billboard.com



2. CEK CHART MUSIK BILLBOARD DI YOUTUBE

Selain melalui website, kita juga bisa melihat nya melalui youtube, karena sekarang banyak sekali channel youtube yang menyajikan cuplikan video chart billboard, tapi disini saya akan memberitahu 2 Channel Youtube yang Recomended buat kalian.

TheTesteeTop50Charts (Youtube Channel)
TheTesteeTop50Charts (Youtube Channel)

TopMusicWorld (Youtube Channel)
TopMusicWorld (Youtube Channel)

Share This Article With Your Friends

0 Comments

Posting Komentar